Buku adalah pengusung peradaban
Tanpa buku sejarah diam, sastra bungkam, sains lumpuh, pemikiran macet.
Buku adalah mesin perubahan, jendela dunia, “mercu suar” seperti kata seorang penyair, “yang dipancangkan di samudera waktu”.
[Barbara Tuchman, 1989]

Catatan Pinggir [ Gunawan Muhammad ]

Posted on | Selasa, 01 Februari 2011 | 1 Comment


Judul buku  : Catatan Pinggir
penulis        : Gunawan Muhammad

Goenawan Soesatyo Mohamad (lahir di Batang, 29 Juli 1941) adalah seorang sastrawan Indonesia terkemuka. Ia juga salah seorang pendiri Majalah Tempo. Goenawan Mohamad adalah seorang intelektual yang punya wawasan yang begitu luas, mulai pemain sepak bola, politik, ekonomi, seni dan budaya, dunia perfilman, dan musik. Pandangannya sangat liberal dan terbuka.

Pada 1971, Goenawan bersama rekan-rekannya mendirikan majalah Mingguan Tempo, sebuah majalah yang mengusung karakter jurnalisme majalah Time. Disana ia banyak menulis kolom tentang agenda-agenda politik di Indonesia


 
Catatan Pinggir, sebuah artikel pendek yang dimuat secara mingguan di halaman paling belakang dari Majalah Tempo. Konsep dari Catatan Pinggir adalah sekedar sebagai sebuah komentar ataupun kritik terhadap batang tubuh yang utama. Artinya, Catatan Pinggir mengambil posisi di tepi, bukan posisi sentral. Sejak kemunculannya di akhir tahun 1970-an, Catatan Pinggir telah menjadi ekspresi oposisi terhadap pemikiran yang picik, fanatik, dan kolot.

Catatan Pinggir, esei pendeknya tiap minggu untuk Majalah Tempo kini dapat dinikmati pembaca setianya dalam bentuk buku (kini terbit jilid ke-6 dan ke-7).

Membaca Caping adalah membaca Indonesia.

sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Catatan_Pinggir

Comments

One Response to “Catatan Pinggir [ Gunawan Muhammad ]”

  1. Moch Sholichin
    24 Agustus 2014 17.39

    baiklah ,,,,,
    selama rembulan enggan melupakan malam
    aku tetap sebagai bintang

Leave a Reply

yahoo messenger

tinggalkan jejakmu


ShoutMix chat widget

LINGKAR TIDAR

http://pendekartidar.org/

Follower